Kamis, 02 Januari 2014

Analisa DFD



Di atas ini terdapat DFD yang menggambarkan arus data dalam penelitian tentang pemetaan berabis GIS yang diterapkan pada sebuah peternakan di universitas kopenhagen Denmark. Penelitian ini ditunjukan untuk membuat system yang lebih akurat mengenai pemetaan peternakan dan hasil dari peternakan tersebut.
Pada gambar di atas terdapat tiga jenis entitas yaitu Process,Database dan Eksternal Entity. 
Yang merupakan proses adalah : 

 1. Pengalokasian Tugas 
        2. Pemrosesan Aplikasi 
        3. Perhitungan pembayaran pengguna
        4. Pemilihan Sub Field
         5. Percobaan Rencana

Sedangkan yang termasuk Database adalah :
      -    Percobaan
      -   Sumberdaya Peternakan
     -    Peta Peternakan
     -    Perawatan
       -  Sejarah

Sedangkan yang termasuk Entitas luar adalah :
       1.  Peneliti 
       2. Staff Peternakan

Metodologi dalam menganalisis system DFD di atas terbagi menjadi dua, yaitu Soft system dan Hard system. Soft system digunakan untuk menganalisis aktifitas pengguna serta mengidentifikasi kebutuhan pengguna. Sedangkan Hard system digunakan untuk menyusun penanganan data dalam kantor peternakan.

Salah satu alur yang terjadi dalam DFD di atas adalah Peneliti mengadakan penelitian dengan pemroses formulir aplikasi yang hasilnya akan menjadi sumber dari pemilihan sub field serta percobaan perencanaan yang hasilnya akan dikembalikan ke peneliti.

Atau bisa juga hasil dari percobaan perencanaan digunakan dalam database yang dimiliki oleh peternakan seperti percobaan, sumber daya, peta peternakaan, perawatan serta sejarah yang hasilnya bisa diberikan kepada staff peternakan atau di olah kembali dengan melakukan perhitungan pembayaran pengguna, yang hasilnya diberikan kepada peneliti ataupun bisa juga dengan melakukan proses selanjutnya yaitu pengalokasian tugas yang hasilnya bisa digunakan oleh staff peternakan.


Penelitian mengenai DFD tentang Peternakan ini bisa memberikan keuntungan kepada staff peternakan misalnya memberikan system analisis yang lengkap untuk mendesain dan membangun system manajemen informasi dalam peternakan tersebut secara lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar