Rabu, 02 November 2011

Pengertian Manajemen Umum

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kunoménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi .


Istilah Manajemen dalam bahasa indonesia sampai saat ini belum menemukan arti yang secara valid. Namun bila kita mempelajari literatur manajemen maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung 3 arti yaitu :
  1. Manajemen sebagai suatu proses
  2. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
  3. Manajemen sebagai suatu seni dan sebagai ilmu pengetahuan
Fungsi – fungsi manajemen terbagi atas 2 :
a. Manajemen Fungsional
    Hanya bertanggung jawab untuk satu bidang.

b. Manajemen Umum
    Bertanggung jawab atas semua aktivitas manajemen.

Tingkatan Manajemen :

1. Manajer Lini Pertama,tingkat paling rendah dalam sebuah organisasi dimana orang bertanggung
jawab atas pekerjaan orang lain.

2. Manajer menengah, prinsip tanggung jawab manajer menengah adalah mengarahkan aktivitas
yang mengimplementasikan kebijakan organisasi dan menyeimbangkan permintaan manajer
mereka dengan kapasitas karyawan.

3. Manajer puncak, bertanggung jawab untuk manajemen keseluruhan dari sebuah organisasi.
Biasanya nama jabatan manajer puncak adalah chief executive officer, presiden dan wakil
presiden.

Keterampilan manajemen :
a. Keterampilan teknis
b. Keterampilan manusiawi
c. Keterampilan Konseptual

Sumber    : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar