Peran Manajerial
Penelitian Mintzberg (dalamGriffin,2004) menyimpulkan bahwa manajer memainkan 10 peran yang berbeda, yang terbagi dalam 3 kategori dasar, yaitu :
1.Interpersonal Roles
2.Informational Roles
3.Decisional Roles
1.Interpersonal Roles
Peran interpersonal melibatkan hubungan dengan orang lain
Peran interpersonal manajer mencakup:
Kepala figur (figurehead)
Pemimpin (leader)
Penghubung (liaision)
2.Informational Roles
Peran pemberi informasi melibatkan pemrosesan informasi
Peran pemberi informasi mencakup:
Pengawas (monitor)
Penyebar informasi (disseminator)
Juru bicara (spokesperson)
3.Decisional Roles
Peran pengambil keputusan melibatkan proses pengambilan keputusan.
Peran pengambil keputusan mencakup:
Wirausahawan (entrepreneur)
Penengah keributan (disturbance handler)
Pengalokasi sumber daya (resources
allocator)
Perunding atau Negosiator (negotiator)
1.Peran Interpersonal : peran hubungan personal dapat terdiri dari :
• figur kepala (figur head) : manajer mewakili organisasi untuk kegiatan2 diluar organisasi.
• pemimpin(leader) : manajer mengkoordinasi, mengendalikan, memotivasi, dan mendukung bawahan- bawahannya.
• penghubung (liaison) : manajer menghubungkan personal2 di semua tingkatan manajemen.
2.Peran Informational : peran dari manajer sebagai pusat syaraf (nerve center) organisasi untuk menerima informasi yg paling mutakhir dan sebagai penyebar ( disseminator) informasi keseluruh personal di organisasi. Peran informasi lainnya adalah manajer sebagai juru bicara (spokesman) untuk menjawab pertanyaan2 tentang informasi yg dimilikinya.
3.Peran decisional : yang dilakukan oleh manajer adalah sebagai entreprenuer, sebagai orang yg menangani gangguan, sebagai orang yg mengalokasikan sumber2 dayaorganisasi, dan sebagai negosiator jika terjadi konflik di dalam organisasi.
Keahlian Manajer : Seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang mendasar yaitu komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer berkomunikasi dengan bawahannya, atasannya, manajerlain ditingkat yang sama, dan dengan orang-orang diluar perusahaan. Mereka juga memecahkan masalah dengan membuat perubahan-perubahan pada operasi perusahan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.
Sumber : Google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar