Proses dalam kamus
bahasa Indonesia berarti rangkaian suatu tindakan. Sedangkan proses dalam buku
organisasi karamgan Gibso Invancevich Donnelly adalah berkenaan dengan
aktifitas yang memberi kehidupan pada skema organisasi tersebut. Proses
organisasi merupakan jiwa bagi struktur organisasi. Jika proses tersebut tidak
berjalan dan berfungsi dengan baik,maka masalah tidak pernah yang tidak perah
diharapkan akan timbul dalam sebuah organisasi.
Adapun model
organisasi yang akan kita bahas disini ada empat proses prilaku yang nanti akan
menyumbangkan prestasi pada organisasi yang effektif. Empat proses tersebut
yaitu komunikasi, pengambilan keputusasn, evaluasi prestasi, sosialisasi dan
karir.
Dua aspek utama struktur organisasi adalah pembagian
kerja dan departementalisasi. Pembagian kerja merupakan pemecahan suatu tugas
kerja sehingga setiap anggota dalam organisasi bertanggung jawab dan
melaksanakan seperangkat aktivitas yang terbatas danbukan keseluruhan
tugas. Sedangkan departementalisasi adalah pengelompokkan aktivitas
pekerjaan sehingga aktivitas dan hubungan yang serupadan logis dapat
diselenggarakan secara serempak.Departemtalisasi mewakili struktur formal
suatu organisasi seperti telah dideskripsikan dalam bagan organisasi.
Dalam struktur organisasi, tujuan utama dua aspek penting diatas
adalah untuk memudahkan proses komunikasi, pengambilan keputusan, evaluasi hasilkerja, ibalan,
sosialisasi, dan karier.
1. Proses komunikasi
2. Proses pengambilan keputusan
3. Proses evaluasi hasil karya
4. Proses imbalan
5. Proses sosialisasi dan proses
karier
Sumber : http://ichsanxcel.blogspot.com/2012/01/proses-organisasi.html
http://www.scribd.com/doc/50642530/5/F-Proses-Organisasi
http://www.scribd.com/doc/50642530/5/F-Proses-Organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar