Keputusan dari seorang pemimpin tidak
datang secara tiba-tiba, tetapi melalui suatu proses. Pengambilan keputusan
yang akan diwujudkan menjadi kegiatan kelompok merupakan hak dan kewajiban
pucuk pimpinan berupa wewenang dan wewenang itu dapat dilimpahkan.
Pengambilan keputusan oleh seorang
pemimpin yang bersifat apriori (berburuk sangka) selalu merupakan proses, baik
yang berlangsung dalam pikiran maupun dalam kegiatan oprasioal pemecahan
masalah. Proses pengambilan keputusan itu berlangsung dengan tahapan sebagai
berikut :
a. Menghimpun data melalui pencatatan
bahkan mungkin berupa kegiatan penelitian
b. Melalui analisis data
c. Menetapkan keputusan yang akan
ditempuh
d. Mengoprasionalakan keputusan
menjadi kegiatan
e. Selama berlangsungnya kegiatan
sebagai pelaksana keputusan akan diperoleh data oprasional yang baru
Sementara itu tahapan-tahapan dalam
proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai berikut :
a. Tetapkan masalah
b. Idntifikasi criteria keputusan
c. Alokasikan bobot pada criteria
d. Kembangkan alternaif
e. Evaluasi alternative
f. Pilih alternative terbaik
Proses mempengaruhi pengambilan
keputusan. Dan komunikasi adalah proses-proses manejerial karena secara nyata
dilaksanakan oleh para manajer. Proses-proses ini juga merupakan proses-proses
organisasional karena lebih penting daripada manajer individual dalam
pengaruhnya pada pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi
dan manejemen ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan mempunyai
implikasi-implikasi sangat penting terhadap perilaku organisasional.
Pengambilan
keputusan adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam
usaha memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi,kemudian menetapkan salah
satu alternatif yang dianggap paling rasional dan sesuai dengan sistem.Dalam
suatu organisasi yang mengambil keputusan adalah manajer. Kualitas keputusan
yang diambil oleh manajer merupakan ukuran dari efektivitas mereka.
Setiap
keputusan adalah hasil proses yang dinamis yang dipengaruhi oleh kekuatan yang
banyak sekali.Proses pengambilan keputusan merupakan aktivitas yang
berurutan dan bukannya sebagai serangkaian langkah. Kajian mengenai desain umum
tentang proses pengambilan keputusan biasanya ditekankan pada keputusan yang
tak terprogram.
Proses pengambilan keputusan yangdimaksudkan
adalah :
1. Menetapkan tujuan dan sasaran khususdan
mengukur hasilnya,
2. Identifikasi permasalahan,
3. Mengembangkan alternatif,
4. Mengevaluasi alternatif,
5. Memilih alternatif,
6. Melaksanakan keputusan, serta
7. Pengendalian dan penimbangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar