Jumat, 23 Maret 2012

01 Pengertian Organisasi dan Metode

Pengertian Organisasi dan Metode

Istilah organisasi berasal dari kata organon atau bahasa yunani. Yang berarti alat atau tools. Desain Organisasi (Organizational design) Merupakan proses memilih dan mengimplementasikan struktur yang terbaik untuk mengelola sumber-sumber untuk mencapai tujuan.
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

1. Organisasi Menurut Stoner :
Organisasi adalah Suatu pola hubungan-hubungan yang melalui dimana orang-orang di bawah pengarahan manajer yang mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney :
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard :
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4. Organisasi Menurut Prof. Dr. Sondang Siagian :
Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk suatu tujuan bersama dan terikat secara formal.
Organisasi dan Metode merupakan satu hal yang sulit untuk dipisahkan. Keduanya memiliki pengertian masing-masing namun bila disatukan akan tercipta sebuah keterkaitan yang sangat erat.

Organisasi secara umum merupakan suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama.Agar tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak (pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga pada saat masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi ataupun pejabat yang berwenang.

Metode adalah cara untuk melakukan pekerjaan agar berdaya guna dan berhasil guna. Untuk memperlancar jalannya usaha diperlukan metode-metode kerja yang tepat. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.

Organisasi memerlukan metode begitupun sebaliknya untuk mencapai metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, baik yang menyangkut proses produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang lama. Bahkan sering terjadi, untuk memperoleh metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, pimpinan perusahaan meminta bantuan ahli. Hal ini dilakukan karena penciptaan metode  kerja, mekanisme kerja, serta prosedur kerja sangat besar manfaatnya bagi suatu organisasi.

• Istilah metode :
Berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar