Minggu, 25 Maret 2012

05 HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA MANAJEMEN ORGANISASI DAN TATA KERJA

Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana  agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan sangat di perlukan dan di manfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
- Pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya di tunjukkan untuk:
• Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber dan waktu yang terjadi.
• Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam peroses pencapaian tujuan.
• Menjamin adanya pembagian kerja , waktu dan koordinasi yang tepat.
- Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja adalah:
Manajemen : menjelaskan perlunya  proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang di perlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata kerja: menjelaskan bagaimana proses kegiatan ini harus di laksanakan sesuai dengan sumber-sember dan waktu yang tersedia.
Manajemen , organisasi dan tata kerja
Eratnya hubungan ke tiga nya adalah sebagai berikut:
• Manajemen : peroses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
• Organisasi : alat bagi pencapainya tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
• Tata kerja : pola orang-orang bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus di lakukan sebagai tujuan tercapai secara efisien.

Istilah organisasi dapat diartikan sebagai : Wadah sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Sedangkan, tata kerja merupakan cara untuk melaksanakan kegiatan itu dengan benar dan berhasil sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia guna mencapai tingkat efisiensi yang maksimal.

http://indradermawan.wordpress.com/2010/11/16/hubungan-timbal-balik-antara-manajemen-organisasi-dan-tata-kerja-dan-proses-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar