Minggu, 09 Juni 2013

Fenomena Masyarakat 3

inilah berita yang di sadur dari http://id.olahraga.yahoo.com/news/wartawan-belanda-heran-lihat-fans-indonesia-bersorak-saat-180727663.html

mengenai Wartawan Belanda Heran Lihat Fans Indonesia Bersorak Saat Gol Robben

TRIBUNNEWS.COM – Entah harus bangga atau malu, sikap pendukung Indonesia yang bersorak gembira untuk Timnas Belanda ketika melakoni pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/6/2013), dipandang sebagai suatu hal yang hebat oleh bangsa asing.
Roel Wiche, seorang jurnalis harian Netherlands Press Association, mengaku memiliki salut kepada para penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Menurut Wiche, para penonton di stadion yang luar biasa, penuh antusiasme, “dan keriuhannya seperti tornado.”
Roel kemudian menyorot soal keceriaan para penonton Indonesia ketika Arjen Robben berhasil mencetak gol ketiga Belanda pada menit ke-89. Roel menilai sikap itu sebagai suatu sikap yang bersahabat.
”Pada gol terakhir, golnya Robben, mereka sangat senang, padahal mereka bukan pendukung Belanda. Sungguh suasana yang bersahabat. Hal seperti ini tidak selalu terjadi di Eropa. Seperti mereka mencintai dua tim,” ujar pria yang berdomisili di Maastricht itu kepada Tribunnews.com.

Seperti kata pepatah, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Suporter Indonesia dan Belanda sama-sama fanatik, hanya tentu saja cara mereka berekspresi berbeda. Kalau para wartawan Belanda ini heran (kagum), ini adalah hal yang wajar, seperti halnya Van Gaal yang kaget melihat banyak kendaraan di Jakarta. Karena di situlah uniknya, masing-masing wilayah punya keunikan tersendiri. Mungkin para suporter ini berusaha menghargai setiap lawan. Meskipun Indonesia kalah, tetapi setidaknya hal ini menjadi satu kebanggaan tersendiri bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang selalu menghargai satu sama lain.

Pertandingan ini adalah pertandingan persahabatan antara Indonesia vs belanda pasti di kalangan remaja banyak yang mendukung belanda, mungkin karena para pemainya yang berada di club-club eropa seperti Rvp yang berada di Manchester united, Robben di Bayern munchen dan banyak sekali fans mereka di tanah air, oleh karena itu fer-fer saja jika robben memasukan bola ke gawang timnas indo dan para penonton malah tepuk tangan untuknya, sebagai fans pastinya kita akan senang jika melihat jagoan kita membobol gawang, tetapi kita juga tidak boleh lupa untuk mendukung timnas Indonesia yang sudah berjuang untuk melawan belanda. Jika timnas kita melawan Negara lain untuk memperebutkan piala baru lah kita harus 100% mendukung timnas kita yang tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar